Senin, 17 Oktober 2011

Technopreneurship Pemuda Danai Proposal Bisnis Terbaik

JAKARTA - Pemenang lomba dan pelatihan entrepreneurship berbasis teknologi (technopreneurship) bagi pemuda, akan mendapatkan insentif berupa modal awal untuk menjalankan bisnis mereka.
Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Suharna Surapranata mengatakan, penyelenggaraan lomba dan pelatihan technopreneurship ini bertepatan dengan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-16 yang merupakan komitmen pemerintah dalam meningkatkan peran pemuda.

"Inovasi untuk kesejahteraan rakyat sudah dapat dirasakan melalui calon technopreneur yang saat ini hadir bersama kita," kata Suharna dalam sambutannya, Senin (18/7/2011).

Berkaitan dengan visi Menristek untuk meningkatkan produk inovasi ini, selanjutnya akan diberikan dana intensif sebagai awal menjalankan bisnis bagi peserta dengan proposal bisnis terbaik.

Pasalnya, acara yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset dan Tenologi (Kemenristek) yang bekerja sama dengan Universitas Ciputra Entrepreneurship Center (UCEC) ini, rencananya akan dilakukan rutin setiap tahun.

Direktur Program UCEC Agung Waluyo mengatakan, peserta diberikan insentif berdasarkan rancangan bisnis mereka yang telah melalui tahap pengujian oleh juri.

"Sebab kembali dari dasarnya entrepreneurship, yakni dapat profit dari mana. Oleh karena itu, tahapan penjurian diperlukan tidak hanya unsur inovasinya saja, juga melihat dari segi bisnisnya," ujarnya pada okezone selepas peresmian pelatihan perdana tersebut.

Rencananya, Agung melanjutkan, 14 orang peserta dengan rancangan bisnis terbaik tidak hanya diberikan intensif sebagai start up saja, namun tetap di dampingi untuk pemasaran produk inovatif mereka.

"Inilah fungsi lain dari pelatihan ini, karena sebelum mereka mendapatkan start up financial, mereka dilatih untuk survei pasar mereka. Setelah berhasil, tetap akan didampingi oleh kami. Hanya saja, sebatas konsultasi," lanjutnya.
(rhs)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar